Prediksi Mengerikan Serangan Hacker Pada Tahun 2016


 Prediksi Mengerikan Serangan Hacker Pada Tahun 2016

Prediksi Hacker attack membuat Para pelaku yang bergelut di dunia teknologi digital kalang kabut. Ditambah lagi semakin meningkatnya kemampuan para hacker dalam setiap tahunnya. Akan terlihat wajar jika ditahun 2016 ini ancaman dari hacker akan lebih mengerikan dan itu bisa saja terjadi. Mengingat perkembangan di dunia teknologi digital semakin marak dan meningkat. Ditahun 2016 ini apa saja bentuk dan ancaman dari hacker attack? Dibawah ini saya mengulas apa yang telah dilakukan oleh tim intelejen keamanan Symantec dari data – data yang dimiliki.



  •  Perangkat Canggih yang Menjadi Kebutuhan Beresiko Terjadi Ancaman Hacker

Perangkat canggih yang semakin menjadi kebutuhan mendesak menjadi Ancaman pertama dari serangan yang mengerikan yang diprediksi muncul di tahun 2016.. Prediksi tentang beberapa perangkat canggih yang bakal menjadi ancaman serangan dari para hacker ditahun 2016 ini diantaranya perangakat Internet of Things(IOT) dan  SmartWatch, pelacak aktifitas, holographic headset
Lebih dari 30 milyar perangkat digital telah diprediksi dan akan digunakan dan terhubung ke berbagai industry. Hal ini senada dengan laporan Gartner yang bertemakan Agenda Overview for the internet of Things yang diprediksi akan terjadi mendekati tahun 2020. Beberapa perangkat berbasis IOT (Internet Of Things) akan menjadi ancaman dari serangan hacker yang mengerikan. Karena IOT diyakini dalam perusahaan akan menyentuh setiap peran.

  • Meningkatnya Serangan Hacker dan Ancaman Hacker Terhadap Perangkat Apple.

Pada tahun 2016 ini, Apple telah diprediksi akan mendapat serangan yang mengerikan. Karena sebagai perusahaan raksasa dunia yang telah memproduksi beragam perangkat digital berbasis internet. Dan semakin meningkatnya pengguna produk dari perusahaan raksasa tersebut semakin meningkat setiap tahunnya.
Saat ini perusahaan Apple menjadi penyumbang terbesar sekitar 7.5 persen dari pengiriman PC global diseluruh dunia dan Apple juga telah menyumbang sekitar 13.5 persen dari pengiriman smartphone global seluruh dunia. Hal ini selaras menurut pernyataan IDC. Dari produk Apple yang telah beredar luas tersebut, diyakini para hacker telah memperhatikan peningkatan ini untuk membobol gadget dan perangkat yang telah di produksi oleh perusahaan Apple ini.
Pada perangkat Mac OS X atau Ios terlihat para hacker mulai penyerangan dengan mengembangkan malware tertentu untuk menginfeksi system dari produk keluaran Apple tersebut. Sudah 18 bulan terakhir ini, masih dilansir dari data yang sama dari IDC, terlihat peningkatan infeksi malware yang menginfeksi perangkat dari produk keluaran Apple kian meningkat.
  • Malware dan Ransomware Diprediksi akan semakin memanas dalam pertempurannya

Ancaman berikutnya datang dari malware dan ransomware pertempuran ini di prediksi muncul di tahun 2016. Di negera-negara eropa barat, eropa dan asia, kanada, Australia, dan amerika serikat telah berkembang ransmoware dan telah menyebar di Negara-negara tersebut pada tahun 2016 ini, diyakini akan terjadi konflik lebih banyak antara kelompok hacker penyebar ransmoware dan kelompok hacker penyebar malware tradisional
Semakin membahayakannya penyebaran ransmoware dikarenakan bersifat terbuka dan jelas, sementara itu, sebagaian besar dari infeksi malware laiinya tertutup dan tidak disadari. Salah satu tanda penyebaran ransomware adalah permintaan untuk membersihkan computer secara menyeluruh untuk menghapus malware. Disaat pembersihan dilakukan, malware yang ada akan terpisah dari ransomware yang terinstall di computer.

  • Inftastruktur Menjadi Salah Satu Incaran Penjahat Cyber


Serangan hacker pada tahun 2016 ini akan ditujukan untuk penyerangan infrastruktur, selain itu serangan hacker pula akan ditujukan kepada perorangan maupun perusahaan. Pada kasus penyerangan hacker pada infrastruktur sebenarnya telah terjadi pada tahun 2015, umumnya penyerangan ini terjadi karena memiliki unsur motif politik demi menyabotase suara dan lawan politiknya. Pada tahun 2016 ini penyerangan hacker pada infrastruktur akan terus mengalami peningkatan.
Demi mendapat keuntungan ataupun tebusan kepada kelompok lain. Biasanya organisasi politik ini menjalankan kampanye perang cyber atau cyber war. Pelaporan dan permintaan peningkatan fungsi melalui konektivitas dengan layanan tambahan, mengkibatkan pada Industri Of Things saat ini memang lebih intens dalam penyerangan para hacker.

  • Meningkatnya Akan Enkripsi Data Serta Kebutuhan Dalam Enkripsi Data


Serangan dan ancaman hacker yang terakhir adalah meningkatnya serangan terhadap enkripsi. Karena telah menjadi kebutuhan dalam dunia industry teknologi, keberadaan ekripsi sendiri saat ini semakin meningkat dan menjadi kebutuhan.
Peningkatan enkripsi data yang kuat dalam transit akan lebih dikenali dengan baik, namun ternyata banyak pihak developer pengembangan perangkat dan aplikasi baru yang mempunyai implentasi yang buruk Para penyerang dalam hal ini akhirnya focus untuk mendapatkan akses untuk komunikasi yang terjadi pada celah enkripsi yang buruk, hal inilah yang menjadi kerentanan terhadap serangan enkripsi data. Pada saat ini, semakin populernya perangkat mobile untuk kepentingan berinteraksi dan berkomunikasi, serta untuk penyimpanan data umumnya akan menjadi incaran atau target untuk para penjahat cyber demi mengekploitasi hal tersebut.

Mengakhiri tulisan saya kali ini, tetap waspada terhadap serangan yang dilakukan oleh para penjahat cyber. Selalu baca informasi keamanan yang selalu up to date. Dan berjaga – jaga agar tidak menjadi salah satu target penjahat cyber.
Semoga Bermanfaat....!!!!



EmoticonEmoticon