Apakah Charger HP kita harus dicabut ketika tidak digunakan?


Apakah Charger HP kita harus dicabut ketika tidak digunakan?



Temanku bertanya “Bahaya tidak jika kita selalu nyolokin charger hp?”. Atau jangan – jangan sobat juga suka bertanya akan hal itu? Bahayakah jika kita selalu nyolokin kabel charger smarphone? Apakah komponen bisa cepat rusak atau semakin borosnya daya listrik di hape kita?


Yuk kita bahas di artikel ini. Kita bongkar dan gali lagi lebih banyak mengenai masalah yang satu ini yang membuat orang banyak menjadi galau dan dilemma.

Apakah Charger HP kita harus dicabut ketika tidak digunakan?

Ikuti terus ya supaya mendapatkan jawabanya.


Apakah Charger HP kita harus dicabut ketika tidak digunakan?



Fenomena yang terjadi ketika battery HP sudah terisi penuh, orang kerap kali malas untuk mencabut Charger HP nya. Atau barangkali kita sendiri yang sering lupa bahkan merasa malas untuk mencabut charger hp, padahal battery sudah terisi penuh? Lantas dampak buruk seperti apa yang terjadi jika hal tersebut dilakukan?

Berbahagialah, karena ada sekelompok orang dari How-To Geek yang akhirnya mau menjawab pertanyaan – pertanyaan yang beredar tersebut melalui demonstrasi yang dilakukan dan meyakinkan. Praktek yang dilakukan ini menggunakan sebuat alat pengukur khusus untuk mengukur Watt yang diberi nama Kill a Watt. Percobaan ini dilakukan untuk mengukur keborosan charger hp yang menyerap daya saat tidak dicabut kembali dari kontak listrik yang ada dirumah.

Bagaimana hasilnya? Ternyata cukup mengejutkan, dari percobaan tersebut angka watt yang tertera pada alat Kill a Watt tidak mengalami perubahan. Kemungkinan angka itu terlalu kecil sehingga alat tersebut tidak bisa menampilkan angka yang akurat. Percobaan kembali dilakukan oleh How-to-Geek. Percobaan lebih ekstrim lagi, kali ini menggunakan enam charger dari vendor yang berbeda untuk mengetahui Watt yang dibutuhkan ketika stop kontak dipasangi banyak charger.



Ternyata hasil yang diperoleh dari percobaan tersebut diluar dugaan. Dari enam charger yang terpasang secara bersama-sama hanya 0.3 Watt saja. Apakah ini termasuk boros? Tentu tidak.


  • Mitos Vampire Power


Dulu sempat ada istilah yang beredar dan sering muncul baik itu di poster- poster yang dipasang di berbagai lokasi maupun dari internet tentang Vampire Power atau biasa disebut sebagai penghisap daya yang tanpa kita sadari dirumah
Daya tersebut disedot melalui Charger-charger yang terpasang tanpa dipakai dan mereka akan mengonsumsi daya secara perlahan namun pasti.




Dari praktek yang dilakukan oleh How-to-Geek dapat diperoleh bahwa konsumsi daya yang dibutuhkan oleh charger hp ketika tidak digunakan kecil sekali. Nah, untuk sobat yang memang ingin berhemat listrik, silakan cabut charger yang sedang tidak terpakai yang selalu nyolok di stop kontak. Hemat tentunya lebih baik bukan?
Sekian dulu ya tulisan dari saya, semoga bermanfaat.

Sumber : How-to-Geek


 
 


EmoticonEmoticon